Berita
Puslatbang PKASN Gelar In House Training Penyusunan Konten Pembelajaran Diklat Teknis
Rabu, 8 Mei 2024 | 03:58:13 WIB - Jumlah Dilihat: 26
 
 

Sumedang - Puslatbang PKASN menggelar acara In House Training bertema "Bimbingan Teknis Pembekalan Penyusunan Konten Pembelajaran Diklat Teknis" di Ruang Kelas Lantai 1 Grha Giri Wisesa, Rabu (8/5). Kegiatan ini dibuka oleh Widyaiswara Ahli Muda Puslatbang PKASN, Pupung Puad Hasan, SE., M.Ec.Dev, selaku Koordinator Layanan Pelatihan dan Pengembangan.

 

Pupung menyampaikan bahwa Widyaiswara dan Penyelenggara Pelatihan harus memahami penyusunan kurikulum atau program pelatihan. IHT ini sangat penting karena dapat meningkatkan pemahaman Widyaiswara dan Penyelenggara Pelatihan.

 

“Kami menyampaikan terimakasih kepada Pak Bayu karena telah berkenan memberikan ilmunya. Kita akan bersama-sama untuk menyerap ilmu beliau.  Sehingga memahami bagaimana menyusun kurikulum atau program pelatihan secara berjenjang” ujar Pupung.

 

Pada kesempatan tersebut, Dr. Bayu Hikmat Purwana, M.Pd., Analis Kebijakan Ahli Madya Puslatbang PKASN, memberikan pencerahan tentang penyusunan kurikulum dan program pelatihan. Dalam paparannya, Pak Bayu menekankan pentingnya kesesuaian antara kurikulum dengan jabatan dan keahlian yang dimiliki. Dia menyoroti bahwa Widyaiswara Ahli Madya harus dapat mengidentifikasi kebutuhan konten dalam pelatihan, sementara Widyaiswara Ahli Utama perlu memiliki kemampuan konsultasi yang baik.

 

Bayu juga menyoroti tahapan penting dalam penyusunan kurikulum, yakni mengenal komponen program diklat serta tahapan penyusunan program. Dia menegaskan bahwa output dari para Widyaiswara haruslah berupa pedoman yang jelas dan berguna.

Acara ini dihadiri oleh para Widyaiswara dan Penyelenggara Pelatihan di Lingkungan Puslatbang PKASN, yang semoga dapat menyerap ilmu dan wawasan yang berguna dalam penyusunan kurikulum dan program pelatihan ke depannya.

 
LOGIN PEGAWAI