Berita Lintas Instansi
Survei Budaya Kerja ASN Kembali Digelar di Tahun 2023
Senin, 21 Agustus 2023 | 02:37:30 WIB - Jumlah Dilihat: 649
 
 

JAKARTA – Sebagai wujud pemantauan dan evaluasi budaya kerja BerAKHLAK secara berkesinambungan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menggelar Survei Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di tahun 2023. Survei tersebut antara lain Survei Indeks BerAKHLAK, Survei Employee Engagement, dan Survei Employer Branding.

Asisten Deputi Penguatan Budaya Kerja Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Damayani Tyastianti mengatakan sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan survei di tahun 2023 seluruhnya akan digelar secara online (daring). Survei dilakukan pada website Survei Budaya Kerja ASN 2023 melalui tautan https://surveibudker.menpan.go.id/

“Bapak/Ibu tidak perlu menyiapkan data dukung apapun karena survei ini akan tercerminkan dari aktivitas terapan BerAKHLAK yang sehari-hari Bapak/Ibu sudah lakukan,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Survei Budaya Kerja ASN 2023, secara virtual, Jumat (18/08).

Damayani mengungkapkan, di tahun 2022 telah dilakukan Survei Indeks BerAKHLAK yang hasilnya dijadikan baseline pengukuran di tahun 2023. Hasil survei menunjukkan rata-rata indeks implementasi ASN BerAKHLAK di 442 instansi pemerintah yang memenuhi syarat minimum responden adalah 60,9 persen atau di kategori B yaitu Cukup Sehat.

Namun nilai Adaptif masih menjadi catatan bersama karena hampir di seluruh instansi pemerintah nilainya masih merah atau nilainya masih di bawah 50. “Harapan kami di tahun 2023 nilai Adaptif sudah menjadi lebih baik dan tidak ada lagi nilai merah di tiap indikator Survei BerAKHLAK,” jelas Damayani.

20230818 Survei Budker 2

Masih sama dengan tahun 2022, Survei Indeks BerAKHLAK dan Survei Employee Engagement menyasar instansi pemerintah pusat dan daerah dengan target responden ASN (PNS/PPPK) di seluruh instansi pemerintah. Sementara target responden Survei Employer Branding adalah non-ASN yang merupakan talenta terbaik, yang terdiri dari mahasiswa (perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik), pegawai (pegawai swasta, BUMN, dan BUMD terbaik), serta diaspora/ WNI di luar negeri (mahasiswa dan pegawai profesional).

Survei Budaya Kerja ASN dilakukan mulai 21 Agustus hingga 15 Oktober 2023 secara bertahap berdasarkan kelompok wilayah. Kelompok 1 dengan peserta survei Pemda Wilayah Indonesia Barat digelar pada 21 Agustus – 3 September 2023. Pada Kelompok 2 dengan peserta Pemda Wilayah Indonesia Tengah survei dilaksanakan pada 4-17 September 2023.

Untuk Pemda Wilayah Indonesia Timur yang masuk ke dalam Kelompok 3 dapat mengikuti survei mulai 18 September – 1 Oktober 2023. Sementara Instansi Pemerintah Pusat menjadi kelompok terakhir yang mengikuti survei pada 2-15 Oktober 2023.

Sumber : https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/survei-budaya-kerja-asn-kembali-digelar-di-tahun-2023

 
LOGIN PEGAWAI