Berita
3 FAKTA MENARIK TENTANG SURAT AL IKHLAS
Kamis, 30 Maret 2023 | 06:54:13 WIB - Jumlah Dilihat: 220
 
 

Fakta menarik pertama, Rasulullah SAW pernah ditanya oleh kaum musyrikin, siapakah Allah SWT ? Bagaimana nasabnya ? terbuat dari apa Allah SWT, dan tugasnya apa ? Dari pertanyaan kaum musyrikin ini, maka Allah SWT menurunkan Surat Al Ikhlas sebagai jawaban yakni, “Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan DIA.”

Fakta menarik kedua, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada para sahabat, mampukah kalian menghatamkan 1/3 Al Quran dalam 1 malam ? para sahabat menjawab tidak sanggup, kemudian Rasulullah menjelaskan bahwa dengan membaca Al Ikhlas sama saja dengan membaca 1/3 dari Al Quran.

Fakta menarik ke-3 mengapa Al Ikhlas sama dengan 1/3 Al Quran ? karena dalam Surat Al Ikhlas terdapat 2 nama Allah SWT yakni Al Ahad dan Ash Shomad, yang kedua asma Allah SWT yang Agung ini tidak ada dalam surat manapun dalam Al Quran.

3 Fakta menarik tentang Surat Al Ikhlas disampaikan dalam Kajian Tafsir Al Quran oleh Ustadz Dedi Haryadi Lc, di depan para pegawai bada Dzuhur tadi, dalam rangkaian amaliyah Ramadhan di Masjid Ulul Albaab Puslatbang PKASN.

bphumpropuslatbangpkasn2023