Berita
Nantinya Aku Bisa Kerja Disini Juga
Rabu, 22 Maret 2023 | 10:32:31 WIB - Jumlah Dilihat: 162
 
 

Sejak awal Bulan Maret 2023, Puslatbang PKASN telah menerima para mahasiswa magang dari FISIP Universitas Padjajaran sejumlah 4 orang dan pada 20 Maret 2023 jumlah mahasiswa asal UNPAD bertambah 9 orang. Kolaborasi kegiatan magang ini telah lama dilakukan Puslatbang PKASN dalam rangka Puslatbang PKASN bisa memberikan kebermanfaatan bagi seluruh stakeholder. Para mahasiswa yang magang ditempatkan diseluruh unit yang ada sesuai dengan kebutuhan dan diberlakukan rolling setiap bulannya agar para mahasiswa mendapatkan pembelajaran secara komprehensif.

Salah seorang mahasiswa yang telah lebih awal magang bernama Setiawati menyampaikan pengalamannya selama di Puslatbang PKASN. Menurut Setiawati selama magang merasakan suasana kekeluargaan dan terutama tentang pekerjaan assessment itu sendiri sehubungan Setiawati ditempatkan di Balai Layanan Pemetaan Kompetensi (BLPK). Setiawati mengaku bahwa belum pernah magang dan belum pernah mengetahui kegiatan asesment sebelumnya. Ketika ditanya kaitan asesmen dengan bidang keilmuannya, ia menyebutkan sangat berkaitan khususnya tentang manajemen perkantoran yang diterapkan disini.

Menurut Setiawati ternyata asesmen itu lumayan ribet pelaksanaannya. Dalam sehari itu kegiatannya padat sekali, dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya baik materi asesmen yang harus diikuti peserta maupun lokasi kegiatannya yang berpindah-pindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Yang menarik dari asesmen menurut Setiawati, para peserta harus disiplin dan teliti setiap mengerjakan soal-soal asesmen. Setiawati yang terjadwal magang 3 bulan ini masih memiliki waktu 2 bulan tersisa berharap bisa belajar di unit lainnya.

Sementara itu bagi mahasiswa yang baru 2 hari magang bernama Silmy, mengaku senang dengan sharing session atau pembekalan untuk para mahasiswa yang magang. Dari sharing session yang ia ikuti menurutnya birokrasi itu ternyata sangat luas, banyak sekali yang harus dilakukan. Silmy mengatakan masih ada rekannya sesama mahasiswa di UNPAD yang masih menganggap remeh Jurusan Administrasi Pemerintahan.

Silmy menegaskan, “Masih ada pemikiran bahwa menjadi PNS itu nantinya akan santai-santai. Namun setelah mendapatkan pengayaan di Puslatbang PKASN ternyata banyak hal yang harus dikerjakan oleh seorang PNS. Silmy mengaku senang dan sangat berterima kasih karena baru 2 hari magang namun telah mendaptkan banyak pembelajaran. Aku berharap bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dan nantinya aku bisa kerja disini juga.”

(bphumpropuslatbangpkasn-2023)