Berita Lintas Instansi
Cara ASN Meneladani Perjuangan Pahlawan
Selasa, 15 November 2022 | 08:32:01 WIB - Jumlah Dilihat: 155
 
 

JAKARTA – Semangat perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia adalah sikap yang harus bisa diteladani oleh aparatur sipil negara (ASN) sebagai abdi negara. Semangat juang sebagai ASN dapat ditunjukan dengan menjaga integritas, berkinerja tinggi, dan menghilangkan ego sektoral.

“Kita harus berkinerja sebagai wujud terima kasih kita pada perjuangan pahlawan, bahwa kita harus berintegritas itu juga bentuk penghargaan pada pahlawan yang sudah berjuang dengan ikhlas. Saya berharap ASN di seluruh Indonesia betul-betul bisa meneladani segala perjuangan yang dilakukan pahlawan,” ujar Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini ditemui usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional, secara virtual, Kamis (10/11).

Dijelaskan, peringatan Hari Pahlawan adalah momen yang tepat untuk instropeksi diri dan merenungkan beragam nilai yang diwarisi oleh para pejuang bangsa untuk ditiru. Sebagai ASN, sikap pahlawan yang harus dicontoh adalah keikhlasan dalam merebut dan menjaga kedaulatan negara.

20221110 Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2

Rini mengajak ASN maupun calon ASN untuk selalu mengingat tujuan luhur seorang ASN yakni mengabdi pada bangsa dan negara. “Ayo satukan niat, jaga integritas dalam melakukan tugas, tingkatkan kinerja dan selalu ingat tujuan kita sebagai ASN adalah bagaimana kita bisa berkontribusi memajukan negara,” ungkapnya.

ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa harus mampu menjadi panutan mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama-sama memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan amanat pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan 2022 mengangkat tema “Pahlawanku, Teladanku”. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

Sumber : https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/cara-asn-meneladani-perjuangan-pahlawan

 
LOGIN PEGAWAI