Berita
Kegiatan Vaksinasi Tahap III Booster Tahun 2022
Senin, 7 Februari 2022 | 12:37:28 WIB - Jumlah Dilihat: 165
 
 

Pada tanggal 31 Januari 2022, Puslatbang PKASN bekerjasama dengan Mapolda Jabar, melaksanakan Program Vaksinasi dosis ketiga atau booster. Program ini salah satu bentuk upaya lanjutan dari vaksinasi primer atau dosis penuh 1 kali atau 2 kali suntik tergantung jenis vaksinnya. Vaksin Booster ialah salah satu upaya untuk mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei.

Vaksin booster atau vaksin dosis ketiga dinilia dapat meningkatkan dan juga mengembalikan efektivitas Covid – 19 sebelumnya yang bisa melemah seiring berjalannya waktu. Dengan mendapat vaksin booster ini, antibodi tubuh dapat terbentuk kembali sehingga tubuh tetap kuat dalam melawan virus Corona.

Target penerima vaksin adalah orang berusia di atas 18 tahun, para lansia, penderita penyakit komorbid, serta orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah (imunodefisiensi).

Dilansir dari situs resmi Covid-19.go,id, disebutkan dari sisi kesehatan, ada 3 keggunaan vaksin booster, antara lain meliputi :

  1. Adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian – varian Covid – 19 baru termasuk varian Omicron.
  2. Sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi Covid-19 demi kesehatan jangka panjang
  3. Memenuhi hak setiap masyarakat Indonesia untuk mendapatkan vaksin demi perlindungan diri dari komunitas.
 
LOGIN PEGAWAI