Berita Lintas Instansi
LAN Segera Bangun Tiga Lembaga Pendidikan di Padang Pariaman
Selasa, 20 Juni 2017 | 07:44:22 WIB - Jumlah Dilihat: 378
 
 

JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara (LAN) dirikan tiga lembaga pendidikan di Kawasan Tarok City Kabupaten Padang Pariaman. Tiga lembaga yang hendak didirikan LAN tersebut adalah Diklat Aparatur Sipil Negara (ASN), Diklat Assesment, dan Politeknik Administrasi Negara.

Hal itu dikatakan Kepala LAN Adi Suryanto saat bertemu Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, di Jakarta, Jumat (16/06). "Setelah mendengarkan pemaparan dan tayangan video presentasi bapak Bupati, kami tertarik untuk mendirikan tiga lembaga pendidikan milik LAN di Tarok City," ujarnya.

Adi yang didampingi Sekretaris Utama, Sri Hadiati Woro Kustriani dan para pejabat pimpinan tinggi LAN mengatakan, LAN mengemban misi memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kapasitas aparatur negara dan sistem administrasi negara guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik. Hal itu antara lain dilakukan melalui pengembangan inovasi administrasi negara; pengkajian kebijakan; pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan aparatur negara; pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi administrasi. "Untuk mewujudkan misi tersebut, LAN butuh banyak lembaga pendidikan peningkatan kompetensi dan kualitas ASN seluruh Indonesia," jelasnya.

Saat ini LAN memiliki tujuh lembaga pendidikan yang tersebar di lima daerah di Indonesia. Ketujuh lembaga pendidikan itu terdiri dari empat Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A)  yakni di Bandung, Makassar, Samarinda dan Aceh. Selain itu, ada tiga Sekolah Tingi Ilmu Administrasi (STIA) di Bandung, Jakarta dan Makassar.

Lanjut Adi, jika rencana pembangunan di Tarok City terealisir maka akan menjadi lembaga pendidikan LAN kedua di Sumatera dan menjadi pertama di Indonesia yang memiliki tiga lembaga pendidikan di satu kawasan. Namun Adi meminta waktu kepada Bupati untuk mengkaji dan menyusun kelembagaan lembaga pendidikan yang akan dibangun di Tarok City, mengingat  lembaga yang akan didirikan merupakan lembaga baru dan terobosan dari LAN.

Bupati Ali Mukhni yang didampingi  Kepala Badan Litbang Sumbar, Reti Wafda, Kabag Humas Andri Satria Masri datang ke kantor LAN untuk menindaklanjuti  rencana hibah tanah di kawasan Tarok City untuk LAN.  Sebelumnya, rencana pembangunan Diklat itu sudah dibicarakan oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dengan Menteri PAN Asman Abnur. Pembicaraan itu  terkait dengan rencana hibah tanah untuk pendirian Politeknik oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kepada LAN.

Bupati mengatakan, pihaknya telah mencadangkan tanah seluas 100 ha. "Kami sudah siapkan 100 Ha untuk LAN dengan sertifikat gratis dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan BPN Padang Pariaman," ungkap Ali Mukhni.

Tawaran hibah tanah disambut gembira oleh LAN. Namun Kepala LAN menyatakan untuk pembangunan diklat tersebut hanya dibutuhkan 45 Ha. Adi pun berjanji akan secepatnya menindaklanjuti rencana pendirian lembaga pendidikan LAN di Tarok City. "Kalau semuanya mendukung, tahun 2017 ini juga kita realisasikan," tegasnya seraya menambahkan bahwa usai Lebaran nanti, akan mengirim staf untuk meninjau ke Tarok City.

Mendengar hal tersebut Ali Mukhni mengucap syukur atas kesediaan LAN RI menyambut tawaran Pemkab Padang Pariaman. "Alhamdulillah, pihak LAN menyambut baik tawaran ini. Dengan berdirinya lembaga pendidikan ASN di Padang Pariaman akan menjadikan Kawasan Tarok City sebagai lembaga pendidikan LAN RI yang kedua setelah Aceh dan menjadi pertama di Indonesia, tiga lembaga pendidikan milik LAN sekaligus di satu kawasan," ungkap Ali Mukhni bahagia. (PR)

Sumber : https://www.menpan.go.id/berita-terkini/119-berita-daerah/7028-lan-segera-bangun-tiga-lembaga-pendidikan-di-padang-pariaman

 
LOGIN PEGAWAI