Berita
Seminar RPP Peserta Diklatpim Tk. II Angkatan XLIII Kelas Tahun 2017
Jumat, 19 Mei 2017 | 01:30:48 WIB - Jumlah Dilihat: 1569
 
 

Jatinangor – Pada hari Jum’at (12/05) telah dilaksanakan Seminar Rancangan Proyek Perubahan (RPP) bagi peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan 2. Seminar Rancangan Proyek Perubahan adalah salah satu sarana evaluasi bagi peserta pada tahap III pembelajaran Diklat Kepemimpinan. Pada sesi ini peserta akan diuji kemampuannya dalam penyusunan rancangan proyek perubahan dengan metode presentasi secara mandiri yang dihadiri oleh coach, mentor dan penguji (narasumber). Pada Seminar Rancangan Proyek Perubahan ini yang dinilai dari peserta adalah kemampuan perencanaan inovasinya. Indikator penilaian komponen perencanaan inovasi meliputi jenis perubahan, cakupan manfaat perubahan, kejelasan tahap perubahan dan peta stakeholder.

Peserta Diklatpim Tk. II Angkatan 2 yang berjumlah 60 peserta ini dibagi ke dalam 6 (enam) kelas Seminar RPP, di mana masing-masing kelas berjumlah 10 orang peserta. Adapun penguji dalam pelaksanaan Seminar RPP kali ini adalah Erfi Muthmainah, SS., MA., Dr. Makhdum Priyatno, MA., Drs. Riyadi, M.Si., Prof. Deddy Mulyadi, M.Si.,  Dra. Purwastuti, MBA., dan Dr. Joni Dawud, DEA. Masing-masing peserta diberi waktu selama 45 menit, di mana 15 menit digunakan untuk presentasi menyampaikan paparan Rancangan Proyek Perubahannya, dan sisa waktnya digunakan untuk proses diskusi dan Tanya jawab baik dengan Mentor maupun Penguji (Narasumber).

Peserta yang berasal dari Kota Bogor, Sdr. Anas S. Rasmana menjadi peserta pertama yang memaparkan Rancangan Proyek Perubahannya di kelas B, dengan Coach Dr. H. Baban Sobandi, SE., M.Si (menggantikan Coach Dr. Sri A. Kusumawardani, M.Hum), Penguji Dr. Makhdum Priyatno, MA., dan Sekretaris Daerah Kota Bogor, Drs. H. Ade Sarip Hidayat, M.Pd selaku Mentor peserta. Anas S. Rasmana sebagai Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil Menengah Kota Bogor menggagas Proyek Perubahan dengan judul “Kegiatan Coaching Clinic bagi Koperasi dan UMK di Kota Bogor”. Latar belakang munculnya proyek perubahan ini adalah melihat kepada fakta bahwa perkembangan koperasi di Kota Bogor yang sangat memprihatinkan serta adanya beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi dan UMK, seperti: (1) lebih banyak koperasi dan UMK di Kota Bogor yang kurang aktif dan tidak aktif menjalankan bisnisnya, (2) banyaknya pelaku UMK yang tidak memiliki legalitas, padahal legalitas adalah hal yang penting dalam menjalankan usaha. Masih banyaknya Koperasi dan UMK yang tidak tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang sehat menjadi salah satu faktor yang mendorong munculnya ide proyek perubahan ini. Melalui kegiatan ini, akan diketahui penyebab utama dari banyaknya Koperasi dan UMK yang tidak mampu menjalankan usahanya, serta mampu dirumuskannya rekomendasi/ solusi guna mengatasi masalah utama tersebut. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah Koperasi dan UMK Kota Bogor yang aktif dalam melakukan usaha dan bisnisnya, serta mampu berkontribusi terhadap perekonomi Kota Bogor.

Presentasi dari Sdr. Anas S. Rasmana ini mendapat apresiasi dari Penguji. Di samping itu, Penguji juga memberikan masukan dan saran perbaikan yang mendukung bagi Rancangan Proyek Perubahan yang digagas oleh peserta. Ada satu statement yang menarik dari Dr. Makhdum Priyatno, M.Si yang sering disampaikan kepada peserta, yaitu: “Proyek perubahan tidak perlu sesuatu yang besar, sesuatu yang waah, hal kecil saja bisa memberikan dampak yang besar dan memberikan manfaat bagi kebaikan orang banyak”.

Setelah melaksanakan Seminar Rancangan Proyek Perubahan, peserta akan memasuki tahap IV, yaitu Laboratorium Kepemimpinan. Tahap ini berlangsung pada tanggal 14 Mei  2017 hingga 16 Juli 2017. Pada tahap ini, para peserta kembali ke instansi masing-masing(off-campus) untuk melakukan implementasi Rancangan Proyek Perubahan yang telah diseminarkan dan mengkomunikasi proyek perubahan organisasi tersebut kepada stakeholdernya.

Peserta akan kembali ke kampus PKP2A I LAN pada tanggal 17 Juli 2017 dan melanjutkan pembelajaran dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat II. (Ressy N)

 
LOGIN PEGAWAI