Berita
Idul Adha 1437 H
Rabu, 14 September 2016 | 11:02:48 WIB - Jumlah Dilihat: 426
 
 

Idul adha adalah momen hari raya Islam (10 Dzulhijjah) yang memberikan makna dan pengertian berupa nilai-nilai pengorbanan yang diangkat dari sejarah dan kisah nabi Ibrahim serta anaknya Ismail. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.  

Arti qurban idul adha

Arti kata idul adha qurban ada dua makna. Pertama, arti qurban adalah dekat yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Kedua, arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara kurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.

Dalam rang memperingati hari raya islam, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara, pada hari Selasa tanggal 13 September 2016 melaksanakan acara penyembelihan hewan Qurban sebanyak 3 (tiga) ekor sapi  dan 3 (tiga) ekor Kambing. Hasil penyembelihan hewan qurban tersebut di bagikan/di distribusikan kepada yang berhak untuk menerimanya atau mustahik, di lingkungan  kantor PKP2A I LAN di antaranya adalah :

  1. Pemerintah Kabupaten Sumedang Kecamatan Sukasari Desa Mekarsari
  2. Dewan Keluarga Mesjid DKM. Jamiatul Fadilah Dusun Nyalindung Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang
  3. Rukun Warga ( RW 04) Dusun Cilame Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang
  4. Rukun Warga (RW XI ) Desa Cilayung
  5. LSM
  6. PKPPI
  7. Pangkalan Ojeg Jatinangor
  8. Keamanan di Bumi Perkemahan
  9. Cleanning Service dan Security di lingkungan PKP2A I LAN dan
  10. Pegawai PKP2A I LAN

Skr/Humas/PKP2A I LAN