Berita
Pembukaan Diklatpim Tk. IV Angkatan II
Kamis, 28 Juli 2016 | 02:40:15 WIB - Jumlah Dilihat: 466
 
 

Rabu tanggal 27 Juli 2016 telah berlangsung acara Pembukaan Diklatpim Tk. IV Angkatan II yang diikuti sebanyak 40 (empat puluh) orang peserta dengan rincian sbb:

  1. 20 orang dari Kota Bandung
  2. 7 orang dari Kabupaten Belitung
  3. 3 orang dari POM

Diklatpim tingkat IV ini di peruntukan bagi seseorang yang telah menduduki Jabatan eselon IV, maupun bagi yang akan menduduki jabatan eselon IV.

Dalam sambutan pembukaanya Drs. Riyadi, M.Si. Kepala Bidang Diklat Aparatur PKP2A I LAN, yang dalam kesempatan pembukaan diklatpim Tk. IV beliau mewakili Kepala PKP2A I LAN Dr. H. Joni Dawud, DEA. Drs. Riyadi, M.Si.  berharap bahwa keikutsertaan saudara seyoganya bukan hanya didasari oleh kewajiban untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk menduduki jabatan eselon IV, tetapi juga merupakan perwujudan upaya kita bersama dalam rangka mengembangkan kompetensi kepemimpinan para pejabat eselon IV sesuai dengan tuntutan standar kompetensi yang diharapkan yakni tuntutan standar kompetensi jabatan structural eselon IV,  tuntutan pelayan public, dan tuntutan peningkatan daya saing bangsa di era globalisasi, agar mampu memimpin instansinya secara professional, visioner, bersih dan bertanggung jawab.

Pelaksanaan tugas pada jabatan structural eselon IV pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah hanya dapat berlangsung secara efektif dan efisien apabila pejabat structural yang menduduki jabatan tersebut memiliki kompetensi yang di persyaratkan oleh jabatan structural eselon IV.

Pada prinsipnya Kepemimpinan dapat dibentuk dan disiapkan, keberanian mengambil resiko, kemampuan berkomunikasi, dan memobilisasi sumber daya dapat dilatih melalui pembelajaran yang berbasis pengalaman. Untuk itu melalui Diklat Kepemimpinan dengan Pola Baru yang akan sudara ikuti ini harapannya dapat membentuk saudara menjadi pemimpin – pemimpin perubahan yang memperbaiki kualitas sector public di Negara kita. Dalam diklat ini saudara akan di latih dalam :

  • Meningkatkan kapasitas merencanakan, melaksanakan akibat perubahan, dan memastikan perubahan berjalan sesuai dengan ekspektasinya.
  • Menjual gagasan perubahan kepada pimpinan dan stakeholder yang ada di instansinya.
  • Mengimplementasikan proyek perubahan dalam leadership laboratory, mengelola proses perubahan yang sesungguhnya dibawah bimbingan mentor, coach, dan counselor.
  • Melibatkan pimpinan masing – masing instansi saudara dalam proses pembelajaran; Apresiasi dan kepemilikan; Peran pemimpin instansi untuk menyiapkan calon pemimpin sebagai proses kaderisasi.

Kita berharap Diklatpim Tk. IV ini akan melahirkan para pemimpin perubahan yang dapat meningkatkan kualitas birokrasi dan mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di Negara kita.

Skr/Humas/PKP2A I LAN

 
LOGIN PEGAWAI