Berita
Sambutan Kepala PKP2A I LAN pada Penutupan Diklatpim Tk. IV
Jumat, 24 Juni 2016 | 03:20:30 WIB - Jumlah Dilihat: 1367
 
 

Sambutan Kepala PKP2A I LAN pada acara penutupan Diklatpim Tk. IV Angkatan I 

Bismillahirahmannirohim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat Siang menjelang sore, Salam sejahtera bagi kita semua

 

Yth. Kepala BKPP Kab. Bandung

Yth. Perwakilan ANRI, BPOM RI

Yth. Para Pejabat Struktural di lingkungan PKP2A I LAN

Yth. Para Widyaiswara

Yth. Para Undangan

Dan para Peserta Diklatpim Tk. IV yang berbahagia

 

Puji dan syukur kehadiraty Tuhan Yang Maha Esa dan ucapan terima kasih kepada seluruh hadirin yang meluangkan waktu untuk dapat hadir pada upacara penutupan Diklatpim Tk. IV PKP2A I LAN

 

Ucapan selamat dan apresiasi kepada peserta Diklat atas keseriusannya dalam mengikuti seluruh rangkaian Diklat pembentukan pemimpin perubahan ini.

 

Selama kurang lebih empat bulan lamanya (on dan Offcampus) para peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV telah bergabung dalam sebuah komunitas pembelajaran untuk membentuk pemimpin perubahan di sector public.

Selama mengikuti Diklat Kepemimpinan ini peserta telah dibekali dengan berbagai agenda materi seperti Self Masteri, Diagnostic Reading, Berfikir Kreatif dan Inovasi, Tim Efektif maupun agenda proyek perubahan sehingg di harapkan menjadi pemimpin yang kuat sebagai reformer/pemimpin perubahan. Kompetensi yang dibangun dalam Diklatpim Tk. IV ini adalah kompetensi kepemimpinan operasional yaitu kemampuan menjabarkan program, instansi ke dalam kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan pelaksanaan kegiatan pada instansi masing – masing.

Kompetensi di atas diperlukan untuk menjamin perubahan yang dilakukan yang menempatkan kepentingan public di atas kepentingan-kepentingan sempit seperti kepentingan individu ataupun kepentingan unit.

Dalam Diklat ini peserta juga telah dibekali berbagai keahlian untuk merencanakan perubahan, membangun dukungan dan mengurangi resistensi terhadap perubahan termasuk dalam pengelolaan perubahan. Pembentukan pemimpin yang berkarakter dan pro perubahan, pada Diklatpim ini telah dilakukan melalui pembelajaran yang berbasis pada pengalaman.  Penyelenggaraan Diklat tidak hanya dilakukan on campus tetapi juga off campus dimana pembelajaran yang semula lebih banyak bersifat klasikal diubah menjadi lebih banyak non klasikal. Dengan model pembelajaran demikian saudara mengalami sendiri memimpin proses perubahan yang dilakukan di instansi yang melibatkan stakeholder terkait.

Peran kepemimpinan birokrasi sangat besar dalam mendukung berbagai kebijakan pemerintah sehingga peningkatan kompetensi menjadi sebuah tuntutan. Hal tersebut semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan birokrasi yang cepat dan tepat dalam mengambil keputusan kebijakan yang merupakanbagian dari aspek pelayanan kepada public. Di abad asia selain persaingan dalam komunitas ASEAN yang sudah di berlakukan, bangsa ini juga harus memiliki keunggulan dalam bersaing dengan Negara – Negara ASIA lainnya. Menurut Asian Development Bank Indonesia akan menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di era abad asia. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, kita sebagai bagian dari birokrasi harus memiliki upaya dan menjadi bagian dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang berdaya saing. Sampai saat ini, pandangan masyarakat bahwa birokrasi Indonesia dikenal sebagai birokrasi yang berat, lambat, tidak kreatif, dan tidak sensitive terhadap public. Anda sekalian sudah dibekali dengan kemampuan melakukan inovasi dan memimpin perubahan. Sudah saatnya untuk mengambil bagian dalam memperbaiki birokrasi dalam mewujudkan dan menmghadapi persaingan di era abad asia.

Sebelaum saya tutup terlebih dahulu akan saya umumkan 5 peserta yang memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik.

KUALIFIKASI KELULUSAN :

Sangat Memuaskan    : - orang

Memuaskan                : 26 orang

Cukup Memuaskan     : 8 orang

Kurang Memuaskan    : 6 orang

Tidak Lulus                  : -

 

  1. Yenny Novianti, S.Sos. ( Kelurahan Sulaiman Kabupaten Bandung)
  2. Rubiyanti, SP., M.Sc. ( Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangka)
  3. Vini Verdani Nuaryah, S.Psi., MT. ( BKPP Kabupaten Bandung )
  4. Didin Tjahyadi, SE. ( Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung)
  5. Andri Yudha Prawira, S.IP., M.Si. ( BKPP Kabupaten Bandung )

Harapan kami secara umum bahwa Proyek Perubahan yang dihasilkan oleh Bapak/Ibu Peserta bias memberikan manfaat nyata kepada perubahan instansi dan pada akhirnya perubahan reformasi birokrasi di Indonesia. Akhir kata, atas perkenan Bapak-bapak/ibu – ibu Saudara-saudara dengan ini Diklatpim Tingkat IV Saya nyatakan secara resmi di tutup.

 

                                                                                    Jatinangor, 23 Juni 2016

 

                                                                                                Ttd.

 

                                                                                    Dr. H. Joni Dawud, DEA.

Skr/Humas/PKP2A I LAN

 
LOGIN PEGAWAI