Artikel
Memaksimalkan Penggunaan SIKTKP
Selasa, 12 Januari 2016 | 03:38:06 WIB - Jumlah Dilihat: 981
 
 

MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN SIKTKP

Oleh: Muhammad Afif Muttaqin

 

Sudah hampir 2 (dua) tahun SIKTKP dioperasikan di lingkungan PKP2A I LAN. Banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan aplikasi tersebut. Berdasarkan pengamatan penulis sebagai admin, aplikasi ini sudah sering diakses oleh pegawai PKP2A I LAN. Hal ini ditandai dengan adanya data kinerja harian yang diinput secara rutin oleh para pegawai. Namun demikian, walaupun sudah cukup lama digunakan, masih terdapat pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari pegawai kepada unit kepegawaian selaku operator aplikasi tersebut. Pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya seputar hal-hal teknis pengoperasionalan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, tak salah rasanya bila penulis menginformasikan kembali mengenai fitur-fitur yang ada di di dalam SIKTKP sehingga dapat menjawab beberapa pertanyaan yang selama ini datang ke unit kepegawaian.

SIKTKP merupakan kependekan dari Sistem Informasi Kehadiran dan Tunjangan Kinerja Pegawai. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bagian SDM LAN Jakarta yang berbasis online sehingga dalam mengaksesnya perlu terhubung ke internet. Untuk mengakses aplikasi ini dengan masuk ke laman web dengan alamat absen.lan.go.id dan mengisi username dan password yang telah didapatkan oleh pegawai.SIKTKP terintegrasi di seluruh satuan kerja Lembaga Administrasi Negara. Artinya semua pegawai LAN dapat mengakses aplikasi ini. Data yang ada pada aplikasi ini digunakan sebagai dasar pemberian uang makan dan tunjangan kinerja seluruh pegawai LAN.

Sebagaimana dijelaskan di awal tulisan, masih ada beberapa kendala yang dihadapi pegawai dalam menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, informasi berikut sekiranya patut diketahui kembali oleh para pegawai yaitu antara lain:

  1. Username dan password

Username dan password pegawai awal sudah diatur oleh pengelola SIKTKP yang ada di unit kepegawaian. Untuk username tidak dapat diubah sedangkan untuk password dapat diubah oleh pegawai. Penulis sarankan sebaiknya pegawai mengubah passwordnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya password tersebut bersifat rahasia akan tetapi mudah diingat oleh yang bersangkutan. Apabila sudah diganti dan lupa dengan passwordnya, pegawai dapat menghubungi unit kepegawaian untuk meminta kembali password lamanya.

  1. Informasi ketidakhadiran per hari

Fitur ini digunakan untuk mengetahui data keterangan ketidakhadiran pegawai yang sudah diinput ke dalam aplikasi. Dengan adanya fitur ini pegawai dapat memantau mengenai surat keterangan yang diajukan ke unit kepegawaian sudah diinput atau belum.

  1. Informasi saldo cuti tahunan

Saldo cuti tahunan merupakan salah satu hal yang sering ditanyakan oleh para pegawai. Sebenarnya data tersebut dapat dilihat pada aplikasi ini, baik saldo cuti tahunan untuk tahun berjalan maupun untuk tahun sebelumnya serta saldo cuti yang sudah dipotong untuk cuti bersama. Sesuai ketentuan, bila pegawai ingin mengajukan cuti tahunan minimal untuk tiga hari kerja secara berturut-turut. Apabila terdapat cuti bersama, maka pengajuan cutinya dapat kurang dari 3 (tiga) hari dengan catatan bahwa apabila dijumlahkan dengan cuti bersama maka jumlahnya tetap minimal 3 (tiga) hari kerja berturut-turut.

  1. Informasi laporan kinerja

Laporan kinerja merupakan salah satu fitur pada SIKTKP yang dapat dikendalikan oleh setiap pegawai. Laporan ini menginformasikan hasil pekerjaan setiap hari yang telah dilakukan oleh setiap pegawai. Laporan ini juga menjadi dasar bagi para atasan langsung pegawai untuk menilai kinerja bawahannya.

  1. Informasi penilaian kinerja

Fitur ini digunakan oleh para atasan langsung pegawai untuk menilai kinerja bawahannya setiap bulan. Nilai yang diinput tersebut menjadi salah satu dasar pemberian tunjangan kinerja pegawai. Nilai prosentasenya sebesar 60% dari nilai tunjangan kinerja yang diperoleh. Bagi pegawai yang tidak menjadi atasan langsung, informasi ini dapat dijadikan dasar bagi yang bersangkutan untuk mendiskusikannya dengan atasan langsungnya apabila hasil nilai kinerjanya tidak memuaskan bagi pegawai tersebut.

  1. Informasi laporan kehadiran

Laporan kehadiran memuat data kehadiran pegawai yang berasal dari mesin handkey dan dari surat keterangan ketidakhadiran yang telah diinput oleh unit kepegawaian. Dengan fitur ini pegawai dapat melihat data kehadirannya untuk hari berjalan sehingga dapat mengetahui jam masuk dan jam keluar kerja pada tanggal yang dimaksud. Selain itu fitur ini juga menjadi alat kontrol bagi pegawai terkait ketidakhadirannya, apabila surat keterangannya sudah diserahkan tetapi belum diinput oleh pengelola SIKTKP. Selain itu data dari laporan ini menjadi salah satu dasar dalam pemberian tunjangan kinerja yang besarannya yaitu 40% dari nilai tunjangan kinerja yang diperoleh.

  1. Informasi laporan tunjangan

Pada fitur laporan tunjangan ini pegawai dapat mengetahui grade atau peringkat jabatan dirinya. Selain itu juga pada laporan ini terdapat rincian dari tunjangan kinerja yang diperoleh setiap pegawai, sehingga dapat menjadi kontrol bagi pegawai untuk memeriksa kesamaan jumlah tunjangan kinerja yang tertera di SIKTKP dengan jumlah yang diterima yang bersangkutan.

Keberadaan SIKTKP ditujukan untuk memantau kehadiran dan kinerja pegawai yang dijadikan dasar untuk pemberian uang makan dan tunjangan kinerja. Akan tetapi masih ada pegawai belum memaksimalkan fitur-fitur yang ada di dalamnya dan masih memprosesnya secara manual dengan mendatangi langsung ke unit Kepegawaian. Dengan adanya informasi ini diharapkan pegawai dapat lebih mengetahui manfaat dari keberadaan sistem tersebut. Pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Oleh karena itu, mari Kita kenali lebih dalam aplikasi yang ada di Lembaga Administrasi Negara, baik SIKTKP maupun aplikasi-aplikasi lainnya, sehingga diharapkan kita menjadi terbiasa dalam menggunakannya.

 
LOGIN PEGAWAI