Artikel
Ayo Kita Berjalan
Selasa, 1 September 2015 | 06:30:57 WIB - Jumlah Dilihat: 772
 
 

Ayo kita berjalan

Oleh : Kezia Larasati, A. Md

 

Sebagian orang sudah enggan berjalan kaki dalam waktu yang lama. Jalan kaki sering dianggap sepele. Padahal berjalan kaki merupakan salah satu latihan/olah raga aerobik tipe -1 (aktivitas fisik ringan). Apabila dilakukan secara rutin, 3-5 kali per minggu selama 20-30 menit, akan mengatasi berbagai masalah kesehatan, serta membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi baik. Dampak positif lainnya adalah olah raga ringan yang satu ini dapat menghambat kemunculan berbagai penyakit.

Mari menyimak betapa besar manfaat dari berjalan kaki yang di ambil dari berbagai sumber :

 

  1. Jalan kaki merupakan salah satu contoh dari olahraga aerobic. Dimana latihan aerobik merupakan bentuk latihan kardiovaskular yang membantu membuat jantung menjadi lebih kuat. Saat melakukan aerobik, jantung memproses lebih banyak oksigen dan meningkatkan kekuatan pemompaan darah serta membuat jantung mencapai kebugaran fisik yang lebih baik .
  2. Menghindarkan dari diabetes tipe 2. Program pencegahan diabetes memperlihatkan, jalan kaki 150 menit per minggu akan mengurangi 7 persen berat badan Anda atau sekitar 7 kg. Lebih penting lagi mampu menurunkan penyakit diabetes hingga 58 persen.
  3. Baik untuk tulang karena berjalan kaki sangat efektif untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki.
  4. Berjalan kaki secara teratur membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan dengan demikian memperlancar sirkulasi darah.
  5. Berguna untuk membakar kelebihan lemak sehingga mengurangi resiko berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan obesitas.
  6. Meningkatkan BMR (Basal Metabolic Rate) bahkan ketika tubuh berada dalam kondisi istirahat.
  7. Mengurangi kolesterol jahat atau LDL (Low-Density Lipoprotein) dalam darah.
  8. Membantu menurunkan tekanan darah hingga mencapai batas normalnya.
  9. Membuat tubuh lebih fleksibel sehingga mengurangi kemungkinan cedera otot.
  10. Membuat tubuh lebih berotot, lincah, dan lebih ramping.
  11. Membantu menghilangkan stress. Adrenalin dan endorfin yang dihasilkan selama latihan aerobik membuat suasana hati menjadi lebih kondusif.

 

Manfaat berjalan kaki umumnya menunjukkan hasil setelah sekitar 4 minggu. Namun, perubahan pada tubuh secara umum akan mulai terlihat setelah tiga sampai empat bulan. Berjalan kakilah secara rutin dengan segala keuntungannya akan membuat tubuh kita  bertambah sehat sehingga dapat mengerjakan aktivitas secara optimal.

So, mengapa harus menunda... Ayo berjalan.