Berita
Buka Pelatihan Kepempimpinan Nasional Tingkat II, Pulatbang PKASN Dorong Transformasi Pemimpin Wujudkan Organisasi Berdampak
Kamis, 2 Mei 2024 | 02:54:26 WIB - Jumlah Dilihat: 148
 
 

Sumedang (2/5/2024) - Pemimpin tidak hanya dilahirkan, tetapi dalam dunia birokrasi pemimpin harus disiapkan. Pengembangan kompetensi untuk memenuhi standar kompetensi manajerial pada ASN dilaksanakan melalui pelatihan kepemimpinan. Demikian disampaikan oleh Plt. Kepala Lembaga Administrasi Negara, Dr. Muhammad Taufiq, DEA dalam Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2024 di Gedung Serba Guna, Puslatbang PKASN, Kamis (2/5)

"Kompetensi yang dikembangkan melalui PKN Tingkat II adalah kepemimpinan strategis. Kompetensi tersebut merupakan kompetensi manajerial ASN untuk menjamin akuntabilitas pada jabatannya." sambung Taufiq.

Menurut Taufiq, di era yang terus berubah, pemimpin harus mampu berpikir strategis,  mempunyai softskill, mampu mengedepankan kolaborasi, dan mempunyai motivasi tinggi. Pemimpin juga harus menjadi agen inovasi yang berkelanjutan dalam organisasi.

Taufiq menggarisbawahi bahwa pelatihan kepemimpinan bukanlah tujuan akhir, melainkan awal dari perjalanan yang berkelanjutan dalam pengembangan diri. Sehingga Pemimpin Perubahan tidak hanya mampu mencapai visi institusi yang inklusif dan aspiratif, tetapi menjadi kebiasaan baru sebagai pemimpin berdampak.

Kepala Puslatbang PKASN, Drs. Riyadi, M.Si., dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa Penyelenggaraan PKN Tingkat II adalah mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

"Harapannya melalui PKN Tingkat II, peserta akan didorong untuk mewujudkan kemampuannya dalam memimpin perubahan di unitnya," sambung Riyadi.

Riyadi melaporkan bahwa Peserta PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2024 diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari 6 Instansi Kementerian / Lembaga dan 13 Instansi Kabupaten / Kota.

PKN Tingkat II diselenggarakan tanggal 2 Mei hingga 5 September 2024. Adapun metode pembelajaran akan dilaksanakan secara Blended Learning dan Pembelajaran Klasikal.

Pembukaan PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2024 turut dihadiri oleh Direktur Politeknik STIA LAN Bandung, Kepala Pusdikmin. Lemdiklat Polri, Komandan Pusdikajen. Kodiklat. TNI AD, Kepala Bapekom. PUPR Wilayah IV Bandung, Kepala PPSDM Aparatur Kementerian ESDM, Sekretaris Daerah Kab. Kepulauan Meranti, Sekretaris Daerah Kab. Halmahera Timur, Sekretaris Daerah Kab. Garut, Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Sekretaris Daerah Kab. Bungo, dan Perwakilan dari Instansi Peserta.

 
LOGIN PEGAWAI