Berita
Puslatbang PKASN Selenggarakan In House Training: Memahami Analisis Bibliometri dengan Penggunaan VOSviewer
Selasa, 2 April 2024 | 02:05:22 WIB - Jumlah Dilihat: 37
 
 

Sumedang - Selasa (2/4/2024), Tren penelitian dari berbagai disiplin ilmu menjadi salah satu topik analisa yang menarik untuk memberikan wawasan tentang perkembangan terbaru dalam penelitian. Dengan berkembangnya era Big Data, hal ini juga turut mempengaruhi metode penelitian. Bibliometri menjadi sebuah studi kuantitatif tentang publikasi ilmiah yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data yang besar dan kompleks dari sumber-sumber bibliografis. Demikian disampaikan Widyaiswara Ahli Muda Puslatbang PKASN, selaku Koordinator Layanan Pelatihan dan Pengembangan, Pupung Puad Hasan, SE., M.Ec.Dev pada Pembukaan Kegiatan In House Training (IHT) Puslatbang PKASN yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Administrasi, Selasa (2/4).

“Kegiatan hari ini adalah bagian dari upaya kita untuk terus meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam melakukan analisis bibliometri. Penggunaan VOSviewer sebagai alat untuk menganalisis pola dan hubungan antara berbagai informasi di dalam publikasi ilmiah telah menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak di era informasi digital ini.” sambung Pupung.

Dalam kesempatan tersebut, Analis Kebijakan Ahli Pertama Puslatbang PKASN, Henri Sinurat, S.IP menyampaikan pemaparan tentang analisis bibliometrik sederhana menggunakan VOSviewer.

“VOSviewer merupakan perangkat lunak yang dapat membantu kita dalam membuat visualisasi dan analisis bibliometri. Perangkat lunak ini dapat menghasilkan peta jaringan (network map) berdasarkan data kutipan (citation data) dari publikasi ilmiah” ujar Henri.

Kegiatan IHT ini dimoderatori oleh Analis Kebijakan Ahli Pertama Puslatbang PKASN, Hendra Nugroho Saputro, S.AP. Pegawai Puslatbang PKASN sangat antusias mengikuti IHT. Hal ini terlihat dari keaktifan peserta dalam mempraktekkan penggunaan VOSviewer. Peserta juga menyampaikan pertanyaan dan gagasan dalam pertemuan tersebut.