Artikel
Revolusi Digital dan Peran Vital Pranata Humas dalam Mengembangkan Kinerja Pemerintah di Era Society 5.0
Rabu, 27 Maret 2024 | 11:02:05 WIB - Jumlah Dilihat: 67
 
 

Revolusi Digital dan Peran Vital Pranata Humas dalam Mengembangkan Kinerja Pemerintah di Era Society 5.0

Oleh : Brian Aziz Ibrahim, S.I.P. | Pranata Humas Ahli Pertama

 

-Steve Jobs-

“Technology is nothing. What's important is that you have a faith in people, that they're basically good and smart, and if you give them tools, they'll do wonderful things with them.”

Era Society 5.0 adalah sebuah konsep yang menandakan tahap evolusi masyarakat yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi digital. Dalam era ini, teknologi seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), big data, dan komputasi awan (cloud computing) memainkan peran utama dalam mengubah lanskap sosial, ekonomi, dan politik.

Humas LAN juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi di setiap instansinya, serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan berbagai program pemerintah yang hasilnya dapat dinikmati oleh publik.

Untuk meningkatkan kemampuan, perangkat humas harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media sosial sehingga dapat mengetahui kebutuhan publik. Lebih penting lagi, humas harus menjalin sinergi dan akrab dengan masyarakat, agar dapat mengontrol informasi yang disampaikan kepada publik.

Namun, untuk memaksimalkan potensi di era ini, peran pranata humas sangat penting dalam mengembangkan kinerja instansi pemerintah dan menghubungkan masyarakat dengan dunia digital yang terus berkembang melalui:

 

1. Komunikasi terbuka dan transparan

Pranata humas berperan sebagai perantara antara instansi pemerintah dan masyarakat dalam berkomunikasi melalui berbagai platform digital. Pranata humas berperan penting untuk memastikan bahwa informasi mengenai kebijakan, program, dan keputusan pemerintah dapat diakses dengan mudah melalui situs web resmi dan media sosial.

 

 

 

2. Kampanye informasi digital

Pranata humas harus aktif dalam mengembangkan kampanye ko-munikasi digital yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang teknologi dan layanan terbaru yang ditawarkan oleh pemerintah. Mereka harus menjadi narator cerdas yang menjelaskan kompleksitas teknologi dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh semua orang.

 

3. Pengelolaan data yang cerdas

Era Society 5.0 menghasilkan jumlah data yang luar biasa. Pranata humas harus membantu instansi pemerintah dalam mengelola data ini dengan cerdas. Mereka dapat menggunakan analitik data untuk memahami tren dan kebutuhan masyarakat yang akan membantu pengambilan keputusan yang lebih baik.

 

4. Transparansi dan partisipasi publik

Pranata humas harus mempromosikan transparansi pemerintah dengan mempublikasikan data dan keputusan yang relevan. Mereka juga harus mendorong partisipasi publik yang lebih aktif dalam proses pengambilan keputusan melalui forum online, survei atau konsultasi publik digital.

 

5. Pelatihan dan pengembangan keterampilan

Pranata humas harus membantu dalam mengorganisir pelatihan dan pengembangan keterampilan digital bagi pegawai pemerintah agar mereka dapat mengikuti perkembangan teknologi. Mereka juga harus memastikan bahwa pegawai memiliki pemahaman yang cukup tentang tren dan perkembangan teknologi terbaru.

 

Teknologi hanyalah alat. Seperti Steve Jobs katakan, “Teknologi bukanlah apa-apa. Hal yang terpenting adalah anda harus percaya pada orang-orang bahwa pada dasarnya mereka baik dan pintar, sehingga ketika mereka diberikan sebuah alat (teknologi), mereka akan melakukan hal-hal yang luar biasa.” (BAI)