Berita
ASSESSMENT. Pembukaan Penilaian Kompetensi Jabatana Pimpinan Tinggi Pratama
Senin, 5 Februari 2024 | 02:12:40 WIB - Jumlah Dilihat: 74
 
 

Sumedang (5/2/2024) -  Seleksi jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis membuka peluang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan optimalitas dalam mengabdikan kompetensi mereka demi kemajuan Kabupaten Ciamis. Jabatan Sekretaris Daerah mempunyai tantangan yang lebih kompleks dalam penyelenggaraan birokrasi pada pemerintah daerah. Hal ini diungkapkan Kepala Puslatbang PKASN, Drs. Riyadi, M.Si saat memberikan sambutan pada Penilaian Kompetensi dalam Rangka Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis, di Lantai 4 Assessment Center Puslatbang PKASN LAN, Senin (5/2).

Lebih lanjut, Riyadi menjelaskan, kendati Undang Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara sudah disahkan, namun untuk aturan teknis turunan pada konteks Seleksi JPTP ini masih mengacu pada aturan sebelumnya. Aturan tersebut seperti Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara. Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) aparatur tidak banyak mengalami perubahan. Terutama dalam rangka menjamin talenta-talenta terbaik.

“Pada Seleksi JPTP akan menggunakan metode kompleks. Pada rangkaian assesmen tersebut juga akan melibatkan Expert Panel dalam penggalian data kompetensi dan substansi jabatan peserta” tambahnya.

Riyadi juga menghimbau agar setiap peserta kegiatan penilaian kompetensi untuk fokus dan memberikan unjuk kerja terbaiknya.

Kepala Balai Pemetaan Kompetensi (BLPK), Iman Arisudana S.Sos., MA dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa Penilaian Kompetensi dalam rangka Seleksi JPTP Pemerintah Kabupaten Ciamis akan diikuti oleh 8 (delapan) orang peserta.

“Kegiatan Penilaian Kompetensi melaluu Metode Assesment ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, sejak tanggal 5 sampai 7 Februari 2024. Seluruh kegiatan akan berlangsung di BLPK” sambung Iman.

Pembukaan kegiatan ini turut dihadiri oleh Perwakilan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Ciamis

 
LOGIN PEGAWAI