Berita Lintas Instansi
ANRI Menerima Arsip Statis Film Dokumenter “Pandit Nehru Vistis Indonesia” dari Kedutaan Besar Australia
Senin, 11 Desember 2023 | 03:39:26 WIB - Jumlah Dilihat: 83
 
 

Jakarta, 5/12/23 - Pelaksana Tugas (Plt) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, menerima arsip statis berupa film dokumenter berjudul "Pandit Nehru Visits Indonesia" dari Kedutaan Besar Australia. Penyerahan ini dilakukan oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM.

 

Imam Gunarto menyatakan bahwa ini merupakan kali pertama kedutaan besar asing menyerahkan arsipnya ke ANRI, yang akan menjadi tambahan berharga untuk khazanah arsip nasional. Menurutnya, arsip ini bukan hanya sebagai sumber pengetahuan, tetapi juga sebagai warisan dokumenter bersama antara Indonesia dan India.

 

Imam Gunarto juga menyoroti hubungan kuat antara Indonesia dan Australia dalam kerja sama kearsipan, terjadi selama puluhan tahun. ANRI telah menjadi mitra Arsip Nasional Australia, terlibat dalam pertukaran koleksi dan peningkatan kapasitas pengelolaan arsip.

Penny Williams menyampaikan terima kasih kepada ANRI atas penerimaan arsip tersebut dan penyelenggaraan acara ini. Wakil Duta Besar India untuk Indonesia, Basir Ahmed, dan Direktur Produksi PT Produksi Film Negara, Sutjiati Eka Tjandrasari, juga turut hadir dalam kegiatan penyerahan arsip statis tersebut.

Arsip digital yang diserahkan dalam bentuk flashdisk ini dibuat oleh Perum Produksi Film Negara dan berisi film dokumenter tentang kunjungan perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru, ke Republik Indonesia Serikat (RIS) pada 7 hingga 17 Juni 1950. ANRI menyetujui penyerahan arsip ini karena memiliki nilai sejarah yang penting dan layak untuk disimpan dan dilestarikan.

 
LOGIN PEGAWAI