PKP2A I LAN

Telp. (022) 7790048, 7782041

GEDUNG ADMINISTRASI PKP2A I LAN PKP2A I LAN MESJID PKP2A I LAN
Renstra 2010 - 2015

Renstra 2010 - 2015

Dalam upaya mewujudkan visi yang telah dirumuskan, maka disusun misi yang merupakan langkah-langkah operasional yang harus dilakukan. Misi-misi yang dirumuskan yaitu :

  1. Menyelenggarakan kajian, perkonsultasian dan advokasi yang berkualitas;
  2. Menyelenggakan diklat dan membina badan diklat secara berkualitas;
  3. Menyelenggarakan pelayanan internal yang berkualitas.

Tujuan
Tujuan merupakan hasil yang ingin dicapai dari masing-masing rumusan misi dalam rangka mewujudkan visi bersama. Setelah mengidentifikasi potensi dan permasalahan yang ada maka dirumuskan tujuan untuk masing-masing misi sebagai berikut:

Untuk Misi ke-1, tujuan yang akan dicapai adalah:

  1. Dimanfaatkannya hasil kajian untuk mendukung proses reformasi birokrasi di Daerah.
  2. Diterapkannya hasil advokasi dan perkonsultasian dalam mendukung proses reformasi birokrasi di Daerah.

Untuk Misi ke-2, tujuan yang akan dicapai adalah:

  1. Dimanfaatkannya hasil kediklatan untuk mendukung proses reformasi birokrasi di Daerah.
  2. Meningkatnya kompetensi aparatur di Daerah.
  3. Meningkatnya kualitas penyelenggaraan diklat aparatur yang dilakukan oleh lembaga diklat di Daerah.

Untuk Misi ke-3, tujuan yang akan dicapai adalah:

  1. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadaidan terpelihara dengan baik.
  2. Terlaksananya program perencanaan danpengembangan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan organisasidan kebutuhan individu pegawai.
  3. Terselenggaranya pelayanan administrasi kepegawaian yang profesional.
  4. Terselenggaranya administrasi keuangan yang transparan dan akuntabel.
  5. Terciptanya proses perencanaan kegiatan yang koordinatif dan bernilai/bermanfaat.
  6. Terselenggaranya proses monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan program secara berkelanjutan.

Sasaran Strategis
Dari tujuan yang telah dirumuskan, selanjutnya akan dituangkan dalam sasaran-sasaran strategis yang akan dicapai dalam waktu lima tahun ke depan. Sasaran-sasaran strategis tersebut adalah :

Untuk Misi ke-1, sasaran yang akan dicapai adalah:

Tujuan a: Dimanfaatkannya hasil kajian untuk mendukung proses reformasi birokrasi di Daerah.

Sasaran Strategis :

  • Semakin meluasnya publikasi hasil kajian kepada berbagai stakeholder sebagai upaya memberikan inpirasi dalam berbagai kebijakan yang mendukung proses reformasi birokrasi.
  • Meningkatnya pemanfaatan Hasil kajian kebijakan oleh berbagai stakeholder sebagai masukan bagi perumusan kebijakan selanjutnya.

Tujuan b: Diterapkannya hasil advokasi dan perkonsultasian dalam mendukung proses reformasi birokrasi di Daerah.

Sasaran Strategis :

  • Bertambahnya jumlah lembaga pemerintah di Daerah yang melakukan kerjasama advokasi dan perkonsultasian.
  • Meningkatnya penerapan hasil advokasi dan konsultasi di lembaga pemerintah di Daerah.

Untuk Misi ke-2, sasaran yang akan dicapai adalah:

Tujuan c: Dimanfaatkannya hasil kediklatan untuk mendukung proses reformasi birokrasi di Daerah.

Sasaran Strategis :

  • Semakin meningkatnya program diklat  yang mampu merespon perubahan dan memenuhi kebutuhan pemerintah daerah dalam melaksanakan reformasi birokrasi.

Tujuan c: Meningkatnya kompetensi aparatur di Daerah.

Sasaran Strategis :

  • Meningkatnya jumlah peserta diklat yang bersesuaian dengan persyaratan kompetensi yang dibutuhkan dalam diklat.
  • Meningkatnya kualitas program diklat yang dilakukan untuk menutup kesenjangan kompetensi aparatur pemerintah di Daerah.

Tujuan d:  Meningkatnya kualitas penyelenggaraan diklat aparatur yang dilakukan oleh lembaga diklat di Daerah.

Sasaran Strategis :

  • Terwujudnya sistem pembinaan kelembagaan diklat yang sesuai dengan standarisasi akreditasi.
  • Meningkatnya kualitas tenaga pengajar diklat (widyaiswara).
  • Meningkatnya kualitas materi dalam bentuk modul.
  • Terwujudnya inovasi dalam penyelenggaraan diklat. 

Untuk Misi ke-3, sasaran yang akan dicapai adalah:

Tujuan e:  Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan terpelihara dengan baik.

Sasaran Strategis :

  • Tersusunnya analisis kebutuhan sarana prasarana PKP2A I LAN.
  • Terpeliharanya sarana prasarana yang sudah dimiliki organisasi.
  • Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kebutuhan setiap penyelenggaraan kegiatan di lingkup PKP2A I LAN.

Tujuan f:  Terlaksananya program perencanaan dan pengembangan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan organisasi

Sasaran Strategis :

  • Tersusunnya program perencanaan pegawai yang mempertimbangkan potensi, kompetensi setiap pegawai dan uraian tugas serta lingkup tugas dalam pekerjaan yang ditekuninya masa kini dan masa datang;
  • Tersusunnya uraian tugas, analisis jabatan, dan uraian jabatan yang memberikan panduan kepada setiap individu dalam bekerja sekaligus sebagai bahan penilaian dan pengukuran kinerja pegawai;
  • Tersusunnya program pengembangan pegawai yang terencana sesuai dengan kebutuhan organisasi dan minat pegawai.
  • Teralokasikannya anggaran yang ada untuk optimalisasi program perencanaan dan pengembangan pegawai.

Tujuan g:  Terselenggaranya pelayanan administrasi kepegawaian yang profesional.

Sasaran Strategis :

  • Meningkatnya kualitas sumber daya manusia dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kepegawaian.
  • Tersedianya informasi pegawai yang lengkap dan mudah diakses.
  • Terkelolanya proses administrasi kepegawaian yang tepat waktu dan tepat orang, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tujuan h:  Terselenggaranya administrasi keuangan yang transparan dan akuntabel.

Sasaran Strategis :

  • Proses administrasi keuangan dari perencanaan, penyerapan hingga pelaporan yang semakin transparan.
  • Proses administrasi keuangan dari perencanaan, penyerapan hingga pelaporan yang benar dan dapat dipertanggung-jawabkan.

Tujuan i: Terciptanya proses perencanaan kegiatan yang koordinatif dan bernilai/bermanfaat

Sasaran Strategis :

  • Proses perencanaan yang melibatkan seluruh unit baik dari sisi rencana pelaksanaan kegiatan maupun perencanaan anggarannya;
  • Substansi kegiatan yang mempertimbangkan Rencana Strategis lembaga, perkembangan lingkungan administrasi publik terkini, dan dilakukannya koordinasi di tingkat pusat.

Tujuan j:  Terselenggaranya proses monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan program secara berkelanjutan

Sasaran Strategis :

  • Terwujudnya sinkronisasi perencanaan kegiatan dengan implementasinya.
  • Terpantaunya input, proses dan output pelaksanaan seluruh kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing unit kerja.

Pada dasarnya, uraian visi, misi, tujuan dan sasaran strategis yang ditetapkan di atas merupakan satu kesatuan yang hendak dicapai oleh PKP2A I LAN di masa depan. Dengan demikian, kerjasama dan koordinasi antara tiap unit organisasi sangat dibutuhkan karena setiap unit memiliki peran penting dalam mencapai apa yang telah termaktub dalam rencana strategis organisasi.